Tingkatkan Rapor Pendidikan, MTsN 11 HSS Gelar Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Hulu Sungai Selatan (MTsN 11 HSS) – Dalam rangka peningkatan rapor pendidikan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) gelar kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Rabu (30/07/25) di ruang serbaguna madrasah. Kegiatan ini menghadirkan Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama HSS, Nurlaila Rayantini, S.Pd., M.Pd sebagai narasumber.
Rapor Pendidikan sekolah sendiri merupakan laporan yang menggambarkan kondisi pendidikan di suatu satuan pendidikan (sekolah) berdasarkan hasil Asesmen Nasional dan data lain yang relevan. MTsN 11 HSS baru beberapa waktu yang lalu telah menerima rapor pendidikan tahun 2025.
Dalam pemaparannya, Pengawas Madrasah, Laila mengatakan setelah melihat hasil dari Rapor Pendidikan, madrasah dapat melakukan refleksi dan evaluasi atas kualitas dari pendidikan mereka. Selain itu lanjutnya hasil rapor pendidikan juga dapat dijadikan sebagai dasar perencanaan berbasis data yang tepat dan akurat.
“Sehingga pada akhirnya akan dapat membantu proses dan meningkatkan kualitas belajar mengajar di madrasah bapak dan ibu sekalian,” ujarnya dihadapan seluruh GTK MTsN 11 HSS.
Lebih lanjut Laila menjelaskan rapor pendidikan bukan hanya sekadar alat ukur, tetapi juga menjadi panduan penting dalam upaya pengembangan kompetensi guru dan peningkatan mutu pendidikan. “Kompetensi guru yang berkembang pesat akan berdampak positif pada rapor pendidikan sekolah,” jelasnya.
Sementara Kepala MTsN 11 HSS, Khairani mengatakan pihaknya menyambut baik rapor pendidikan sebagai alat untuk melakukan evaluasi, refleksi dan perbaikan kualitas pendidikan di madrasah. Oleh karena itu sambungnya segala catatan dan rekomendasi yang diberikan dari hasil rapor pendidikan madrasahnya akan segera ditindaklanjuti.
“Setelah identifikasi akar masalah berdasarkan indikator yang masih perlu ditingkatkan dan penyusunan rencana peningkatan mutu (RPM). Fokus utama akan kami arahkan pada peningkatan kualitas pembelajaran, baik dari sisi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, hingga evaluasi yang berdampak langsung pada hasil belajar siswa,” pungkasnya.
Penulis / Fotografer : Sanwari
Tidak ada komentar