Breaking News

MTsN 11 HSS GELAR ASESMEN DIAGNOSTIK GAYA BELAJAR SISWA BARU

Hulu Sungai Selatan (MTsN 11 HSS) – Seluruh siswa baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti kegiatan Asesmen Gaya Belajar dan Tes Diagnostik, Selasa (15/07/25) pada saat hari ke-2 pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Ajaran 2025/2026.

Kegiatan ini menjadi langkah awal penting bagi madrasah dalam mengenali karakteristik dan potensi awal peserta didik, sebagai pijakan dalam merancang proses pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan siswa.

Guru BK MTsN 11 HSS, Yaumah, S.Pd sebagai koordinator kegiatan menjelaskan asesmen ini merupakan bagian integral dari implementasi Kurikulum Merdeka, yang menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan profil pelajar Pancasila.

“Melalui asesmen gaya belajar terangnya guru dapat memperoleh gambaran tentang kecenderungan belajar siswa, apakah mereka termasuk tipe visual, auditori, kinestetik atau gabungan dari beberapa gaya belajar,” ujarnya.

Lebih lanjut Yaumah menambahkan bahwa data hasil asesmen tersebut akan menjadi dasar penting bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih tepat sasaran, personal dan responsif terhadap kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung lebih efektif dan bermakna.

Salah satu peserta didik baru, Nazwa menuturkan melalui asesmen ini ia dan teman-temannya merasa terbantu untuk memahami bagaimana mereka belajar dengan lebih baik dan bagaimana cara memaksimalkan potensi mereka.

Asesmen ini memberikan kesempatan bagi kami para siswa untuk lebih mengenal diri mereka sendiri dan bagaimana mereka belajar, sehingga mereka dapat berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran,” pungkasnya.

Dengan pelaksanaan asesmen ini, MTsN 11 HSS menegaskan komitmennya sebagai madrasah unggul yang adaptif terhadap perkembangan kurikulum dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. 

Penulis / Fotografer : Sanwari




Tidak ada komentar