Bersama Pengawas Madrasah, MTsN 11 HSS Gelar Penyusunan KOM Tahun Ajaran 2025/2026
Hulu Sungai Selatan (MTsN 11 HSS) – Dalam upaya menyelaraskan proses pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik serta perkembangan zaman, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS) gelar rapat penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) Tahun Ajaran 2025/2026, Selasa (29/07/25). Kegitan ini dihadiri Kepala Madrasah, para Wakil Kepala Madrasah dan tim pengembang kurikulum serta Pengawas Madrasah, Nurlaila Rayantini, S.Pd., M.Pd.
Dalam kesempatannya Pengawas Madrasah, Laila sangat menekankan pentingnya penyusunan KOM sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di tingkat satuan pendidikan. Ia menyampaikan bahwa kurikulum madrasah harus mampu mengakomodasi karakteristik peserta didik, potensi daerah, serta visi dan misi madrasah.
"Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah ini bukan sekadar kewajiban administrasi, tetapi menjadi bagian dari strategi kita dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman," ujar Laila.
Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai komponen penting dalam KOM, seperti visi-misi madrasah, tujuan dan target madrasah, penguatan profil pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil ‘alamin, strategi penilaian, serta pengembangan budaya madrasah yang positif dan inklusif.
Kepala MTsN 11 HSS, Khairani memandu jalannya penyusunan draf awal KOM dengan melibatkan semua peserta rapat untuk memberikan masukan. Ia juga menekankan pentingnya integrasi antara kurikulum nasional, kearifan lokal dan nilai-nilai keislaman dalam rancangan pembelajaran madrasah.
Kegiatan ini merupakan tahapan awal dari proses finalisasi KOM yang nantinya akan disahkan dan dijadikan acuan utama dalam pelaksanaan pembelajaran di MTsN 11 HSS. Dengan tersusunnya KOM secara kolaboratif, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan serta mendorong terciptanya lingkungan belajar yang adaptif, inovatif, dan berorientasi pada penguatan karakter peserta didik.
Penulis / Fotografer : Sanwari
Tidak ada komentar