Guru Matematika MTsN 11 HSS Terapkan Pendekatan Pembelajaran Mendalam, Siswa Semakin Termotivasi Belajar
Hulu Sungai Selatan (MTsN 11 HSS) – Upaya inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran terus digalakkan, guru mata pelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 11 Hulu Sungai Selatan (HSS), Mahyuni, S.Pd., M.Pd yang menerapkan pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning), Rabu (29/10/2025) kepada siswa kelas 7B.
Deep Learning merupakan pendekatan pedagogis untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam, bermakna, dan berkesadaran. Dimana sangat menekankan pada pemahaman konseptual dan aplikasi nyata.
Dijelaskan Mahyuni, pendekatan Deep Learning yang diterapkannya menuntut siswa untuk memahami mengapa dan bagaimana suatu konsep matematika bekerja, serta mampu mengaplikasikannya dalam konteks kehidupan sehari-hari.
“Contoh dalam materi Aljabar, siswa tidak hanya menyelesaikan soal di papan tulis, tetapi juga membuat simulasi proyek sederhana seperti menghitung total biaya belanjaan. Ini sejalan dengan tiga prinsip Deep Learning, yaitu Mindful, (Penuh Kesadaran), Meaningful (Bermakna), dan Joyful (Menyenangkan),” jelasnya.
Tampak suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan yang membuat para siswa semakin termotivasi dalam belajar. Mereka lebih terlibat aktif, mengurangi tingkat kejenuhan, dan menumbuhkan rasa bangga atas penemuan solusi mereka sendiri.
Salah satu siswa, Nazwa, mengaku sangat seru pembelajaran yang diajarkan guru matematikanya. Kini ia lebih berani berpendapat. "Dulu cuma hafal rumus. Sekarang kami harus berpikir, 'Kenapa rumus ini bisa dipakai?' dan menghubungkannya dengan masalah di sekitar. Matematika jadi lebih masuk akal," pungkasnya.
Penulis / Fotografer : Bahrani

Tidak ada komentar